jump to navigation

Bocah 9 th yang bosan kuliah matematika karena “sangat mudah” September 6, 2007

Posted by fisika02 in Cerita.
trackback

March Boedihardjo, Bocah 9 Tahun, Mahasiswa Termuda Hongkong – Bosan Kuliah Matematika karena “Sangat Mudah”

Baru berumur sembilan tahun sudah menjadi mahasiswa di Universitas Baptist Hongkong (Hongkong Baptist University/HKBU), March Boedihardjo mengaku bosan mengikuti perkuliahan karena kelas matematikanya “sangat mudah”.

Bocah berkewarganegaraan Indonesia (WNI) yang lahir di Tiongkok namun besar di Hongkong itu mengaku langsung bosan saat mulai mengikuti perkuliahan. Sebab, kelas matematikanya “sangat mudah”.
Mahasiswa termuda sepanjang sejarah itu memang cerdas dalam bidang matematika. Dia meraih nilai dua nilai A dalam pelajaran matematika dan satu nilai B untuk pelajaran statistik pada pendidikan lanjut Tingkat A di Inggris, yang biasa diraih remaja berusia 18 tahun.
March kepada para wartawan yang berkumpul di Universitas Baptist Hongkong, mengatakan bersemangat memulai perkuliahan, namun kelas yang dia ikuti tidak menarik.“Saya sudah mempelajarinya satu atau dua tahun lalu,” kata Boedihardjo kepada wartawan yang “menghujaninya” dengan pertanyaan dan lampu kilat kamera.
Anak itu tampak tidak sabar dengan pertanyaan tiada habis dari wartawan. Dia kerap bertanya kepada ayahnya kapan mereka bisa pergi. Dia juga tidak punya kesan baik terhadap rekan kuliahnya.
“Mereka tidak memberi tanggapan (di ruang kuliah). Mereka cuma mendengarkan dan satu sama lain tidak berinteraksi,” katanya. Anak itu mengatakan, rekannya di sekolah sebelumnya “ingin bermain”, tidak seperti mahasiswa perguruan tinggi.
Universitas itu bulan lalu menerima Boedihardjo dan merancang kuliah istimewa lima tahun untuknya dengan gelar S2. March Boedihardjo adalah warga Indonesia yang lahir di Tiongkok, namun besar di Hongkong.
Ayahnya, Tony Boedihardjo, adalah pengusaha, sedangkan kakaknya, yang berumur 14 tahun, melanjutkan pendidikan di Universitas Oxford di Inggris. Sebelumnya, March menempuh pendidikan di sekolah khusus (semacam akselerasi) di Inggris selama dua tahun.
Hasil ujian akhirnya (A-Level/advanced level) untuk menentukan kelulusan Juli lalu, March dinyatakan lulus. Bahkan dia berhasil mendapat dua nilai A dalam pelajaran matematika dan satu nilai B untuk pelajaran statistik.
March juga berhasil menembus Advanced Extension Awards (AEA), ujian yang hanya bisa diikuti 10 persen pelajar yang menempati peringkat teratas A-Level. Ternyata, dia bisa lulus dengan predikat memuaskan. Dalam sejarah AEA, hanya seperempat peserta AEA yang bisa mendapat status tersebut.
Tony Boedihardjo sempat bingung memilih perguruan tinggi untuk tempat studi lanjutan anaknya. Tony sendiri enggan menyebut universitas mana yang diinginkan anaknya. “Yang jelas, pilihan March hanya satu, kuliah. Dia tidak mungkin bekerja dan dia sudah menunjukkan kemampuannya dengan lolos dalam ujian A-level,” tegasnya.
Sebelumnya, ada beberapa nama universitas yang menjadi incaran March. Selain, juga Hongkong University dan Chinese University of Hongkong. Ketiga perguruan tinggi itu tengah mempertimbangkan pendaftaran March layaknya calon mahasiswa biasa. Akhirnya HKBU yang dipilih March.
Wakil Rektor HKBU Fan Yiu-kwan mengatakan pihaknya harus berhati-hati dalam mempertimbangkan pendaftaran March. Selain sisi akademis, pihaknya harus memperhatikan usianya yang masih muda. “Jika universitas tidak benar-benar siap, perkembangan anak itu akan terpengaruh. Selain universitas, pihak lain harus mempertimbangkan bagaimana melatih anak yang berbakat seperti itu,” lanjutnya lagi.
Sebelumnya, pemerintah Hongkong sudah menunjukkan perhatiannya terhadap pendidikan anak-anak yang jenius. Sejak 2001, mereka meluncurkan skema yang diberi nama Support Measures for the Exceptionally Gifted Students.
Hingga sekarang, sudah 6000 anak jenius yang menerima kursus tambahan di berbagai bidang. Hasilnya, mereka berhasil mencatatkan prestasi di berbagai kompetisi internasional. (afp/xinhua)

http://www.dutamasyarakat.com

About these ads

Komentar»

1. christian - September 23, 2007

wow…
keren banget…
aq aja yang ud klas 3 smp masi rada2 matnya
hehe…..
jarang banget lho orang kaya dia, bahkan g ada kalo aq bilang…
untungnya dia org indonesia…..
sedikit terangkat deh nama indonesia…^^
hehe


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: