jump to navigation

Seputar kontes robot Juni 23, 2007

Posted by fisika02 in Tak Berkategori.
trackback

    Tim robotik FISIKA UB “Q_RO”  yang ikut ambil bagian pada divisi expert swarm (divisi terbaru, tersulit dan menantang) dibawah naungan Jurusan FISIKA (dalam hal ini PHYROC) berangkat bersama-sama dengan tim dari ElektroUB dari kampus tercinta sekitar pukul 14.25. Namun beberapa teman memakai motor untuk sampai di SBY.

Pertama kali kita melihat tim dari universitas lain cukup kaget. Ini karena mulai dari penampilan robot, piranti pendukung robot (seperti jumlah dan mutu sensor, dimensi robot, roda, perlengkapan pendukung) hingga jumlah supporter  jauh sekali dengan kita. Maksudnya kita yang tertinggal jauh. Tapi dengan semangat pengetahuan kita pada komunikasi kedua robot (yang menjadi inti divisi expert swarm) membuat kita tetap berani angkat kepala di depan mereka.

Pada lomba tersebut ada 3 trial yang harus dilalui. Untuk trial pertama kita kebingungan dengan kondisi robot yang sulit diatur PWM-nya sehingga pergerakan robot aneh dan janggal. Namun beruntung kedua robot  dapat berkomunikasi (ini  merupakan nilai lebih yang kita miliki dibanding tim lain) dengan baik. Belakangan diketahui ada ketidak sesuaian roda. Pada trial kedua, kita mengalami kendala pada sensor dan motor yang kurang stabil. Namun, bagaimanapun kita tetap unggul pada komunikasi kedua robot yang dapat berjalan dengan aman. Sayangnya, motor yang kurang stabil akhirnya membuat jebol lilitan pada rotor. Sehingga diputuskan untuk segera mencari pengganti gearbox dan motor yang lebih stabil. Setelah dilakuakn penggantian hasilnya lumayan bagus. Pada trial ketiga, awlnya berjalan lancar hingga akhirnya karena grogi,panik dan kebingungan yang mendalam ada kecelakaan kecil yang membuat satu robot tidak berjalan sebagaimana mestinya dan satu robot lagi nyangkut ketika akan memadamkan api.

Sebuah awal yang indah dan mudah-mudahan tidak menjadi yang terakhir. Mungkin mengecewakan, tapi paling tidak ada pengalaman berharga khususnya untuk FISIKA UB sehingga akan lebih baik lagi untuk tahun depan.

Kubernyanyi….

walau hati bersedih…..

Kutertawa…..

Walau hati kecewa……

Iklan

Komentar»

No comments yet — be the first.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: